Senin, 05 Desember 2016

Rumah Pelangi, dari Bekasi untuk Indonesia



Selamat Datang di Rumah Pelangi

Membahas tentang negeri yang kita cintai, tempat dimana kita di lahirkan. Ya, Indonesia. Indonesia telah merdeka sejak 1945 atau tepatnya 71 tahun sudah Indonesia Merdeka.

Sudahkah Indonesia benar-benar Merdeka?
Saya rasa belum, mengingat sampai saat ini masih banyak cita cita bangsa yang belum terwujud seutuhnya. Salah satunya adalah Pendidikan, dimana hal ini tercantum dalam UUD 1945 yang menegaskan "Keinginan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa". Pendidikan sebagai cita cita bangsa berarti perjuangan membawa rakyat Indonesia keluar dari masa jahiliyah, memerangi kebodohan dan keterbelakangan.

"Pendidikan dapat memperbaiki bangsa kita, agar tidak dipandang hina dan rendah oleh bangsa lain, lewat pendidikan bangsa kita dapat menjadi setara dengan bangsa lain" - R.A Kartini

Lalu sebagai pemuda pemudi Bangsa Indonesia, sudahkah kita ikut mewujudkan cita cita bangsa?

Beruntunglah bangsa ini yang ternyata masih mempunyai pemuda pemudi, yang cinta akan negerinya.
Salah satu contohnya adalah pemuda pemudi di Kp. Babakan Kali Bedah Desa Sukamekar, Kec Sukawangi. Kabupaten Bekasi yang saya kunjungi 27 November 2016 kemarin.
Meski tinggal di daerah yang cukup jauh dari kota Bekasi bahkan terbilang pelosok, semangat pemuda pemudi Desa Sukamekar untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa seakan tidak goyah.

Berangkat dari keresahan atas menurunnya minat baca masyarakat Indonesia, yang pasalnya Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara soal minat membaca. Lalu kemudian pemuda pemudi Desa Sukamekar mendirikan sebuah Rumah yang di gadang-gadang dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Mereka lalu memberi nama rumah tersebut ”Rumah Pelangi”


Bangunan Rumah Pelangi

Lalu apa si sebenarnya Rumah Pelangi ini?
"Rumah Pelangi atau Rungi adalah taman bacaan masyarakat juga sebagai pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat Desa Sukamekar dan sekitarnya" begitu yang dihaturkan salah satu pengurus Rungi.


Rumah Pelangi terbentuk belum lama ini, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2016. Resmi dibuka sebagai tempat menyenangkan dan penuh inspirasi dalam meningkatkan literasi anak negeri. Terletak di Kp. Babakan Kali Bedah RT/RW 01/11 Desa Sukamekar, Kec Sukawangi. Kabupaten Bekasi.

Bangunan Rungi sendiri adalah wakaf yang sebelumnya adalah Madrasah Ibtidaiyyah serta Taman Pendidikan Quran, namun vakum sejak belasan tahun yang lalu.

Dalam rangka ikut mewujudkan cita cita Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, usaha pemuda pemudi Desa Sukamekar melestarikan program pendidikan non formal salah satunya adalah melalui taman bacaan masyarakat. Dengan menumbuhkan minat baca masyarakat, otomatis dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam segala bidang, baik dalam bidang kesehatan, ekonomi dan lain-lain.

Selain itu, tujuan lain dari adanya Rumah Pelangi adalah ikut mengurangi masalah yang timbul dari kekhawatiran sebagian orangtua dalam mengontrol anak-anak mereka. Dengan adanya taman bacaan di sekitar rumah mereka, akan menjadikan Rungi sebagai sarana bermain sambil belajar anak-anak. Pembangunan karakter, mengasah bakat anak-anak yang dapat dilakukan sejak dini. Tentu, orangtua tak lagi khawatir bukan?

Halaman Rumah Pelangi

Mengapa diberi nama Rumah Pelangi?

Menurut pengurus Rungi, Pelangi itu tergabung dari warna-warna yang berbeda dan membentuk kesatuan yang indah. Begitu pula dengan teman teman yang tergabung dalam Rungi, beda karakter, beda latar belakang, beda ras, beda agama, beda bakat bahkan hobi namun menjadi satu kerjasama yang indah dalam membentuk Rumah Pelangi ini.


Sucia dengan Para Pengurus Rungi

Dengan adanya Rumah Pelangi, para pengurus Rungi berharap dapat meningkatkan minat baca masyarakat dari berbagai golongan dan mampu menghasilkan generasi Bekasi yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Untuk melancarkan tujuan mulia pemuda pemudi Desa Sukamekar ini, keterlibatan semua kompenen masyarakat pun diharapkan sehingga membuat Rumah Pelangi ini berkembang pesat secara terus menerus bahkan tak akan lekang oleh waktu.

Bagi pembaca yang ingin ikut berpartisipasi atau berdonasi di Rumah Pelangi, kalian bisa mengunjungi website Rungi di http://www.pelangibekasi.com
  • Fanspage Facebook : Rumah Pelangi Bekasi
  • Twitter : @rumahpelangibks
  • Instagram : @rumahpelangibekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar